Harga TDL – Listrik telah menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Hampir semua kegiatan sehari-hari kita pasti menggunakan listrik. Listrik juga telah tersebar merata ke hampir semua wilayah di Indonesia terutama di kota-kota besar. Listrik memiliki manfaat mulai dari kegiatan harian yang sifatnya mendasar seperti lampu sebagai penerangan hingga kebutuhan hiburan seperti televisi dan radio. Apabila terjadi pemadaman listrik, seringkali kita akan merasa panik karena untuk sementara, kita tidak akan bisa menggunakan peralatan yang membutuhkan listrik.

Harga TDL sendiri memiliki peraturan yaitu dapat mengalami kenaikan ataupun penurunan. Naik turunnya tarif dasar listrik ini disebabkan oleh tiga faktor. Pertama dalah nilai rupiah terhadap dollar. Kedua adalah harga minyak dan ketiga adalah inflasi. Skema naik turunnya harga ini seringkali disebut sebagai tariff adjustment dan berlaku untuk dua belas golongan tarif listrik. Tariff adjustment ini mulai berlaku tanggal 1 Januari 2017. Akan tetapi, untuk dua golongan tarif listrik rumah tangga yang menggunakan daya 1300 VA serta 2200 CA, pemerintah serta PLN memiliki kebijakan dalam menunda penerapannya.

Harga TDL (Tarif Dasar Listrik) Terbaru
Tarif Dasar Listrik (TDL)

Golongan 1300 VA serta 2200 VA baru mulai diberlakukan mekanisme berupa tarif adjustment pada Desember 2016. Kemudian akan menyusul sepuluh golongan tarif lainnya. Harga tarif dasar listrik pada Januari 2017 sendiri menjadi Rp1.467,28 per kWh untuk golonga rumah tangga yang memiliki daya 1300 VA serta 2200 VA. Tarif ini sendiri turun sebesar Rp6 per kWh apabila dibandingkan dengan tarif dasari listrik pada bulan Desember 2016. Golongan lain juga turut mengalami penurunan. Tegangan Menengah atau TM menjadi Rp1.114,74 per kWh, Tegangan Tinggi atau TT menjadi Rp996,74 per kWh sementara layanan khusus diberlakukan tarif Rp1.644,52 per kWh.

Berikut adalah harga tarif dasar listrik per bulan ini. Besaran kenaikannya rata-rata adalah sebesar Rp10 per kWh, sementara tarif listrik untuk golongan rumah tangga dengan daya 1300 VA serta 2200 VA naik menjadi Rp1.473 per kWh.

Harga TDL (Tarif Dasar Listrik) Terbaru
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us | Contact Us | Privacy
DMCA.com Protection Status